MELIHAT DARI DEKAT SI BUNGA BANGKAI


Bunga bangkai sekarang telah tersebar di berbagai tempat di penjuru dunia, terutama dimiliki oleh kebun botani atau penanam khusus. Di Amerika, bunga yang muncul seringkali diberi julukan atau nama tertentu dan selalu menarik perhatian banyak pengunjung. Uniknya banyak pengunjung datang untuk "menikmati bau"nya. Bunga bangkai biasanya terdapat di Sumatra, Indonesia.

Bunga bangkai terkenal sebagai tumbuhan dengan bunga majemuk yang terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas dapat menghasilkan bunga setinggi 5m. Ada 170 spesies bunga bangkai. Di Indonesia terdapat 25 jenis, diantaranya yaitu Amorphophallus titanium dan satu jenis lagi Rafflesia arnoldi . Spesies Amarphophallus Tittanium merupakan jenis tumbuhan monokotil (berbiji tunggal), sehingga spesies bunga bangkai jenis ini berbeda dengan bunga bangkai spesies Rafflessia Arnoldi.

Pada saat ini ( February 2009) jenis bunga Amorphophallus titanum sedang tumbah di Taman nasional Bukit Barisan Selatan, diperkiran pada akhir bulan February bunga bangkai ini akan mekar.Anda berminat untuk melihat dari dekat ?

1 komentar:

Mas Wid mengatakan...

Luar biasa blognya